Monday, December 30, 2013

Fakta Tentang: Tahun Baru

1.Julius Caesar Menetapkan 1 Januari Sebagai Awal Tahun Pada 46 SM
Ini ditujukan untuk menghormati nama dewa yang digunakan untuk menamai bulan Januari, dewa Janus yang merupakan dewa permulaan (god of beginnings). Ia digambarkan sebagai dewa berkepala dua, satu menghadap ke depan dan yang lain ke belakang.
Pada abad pertengahan, pemimpin Kristen memindahkan awal tahun dari 1 Januari menjadi 25 Desember agar bertepatan dengan tanggal yang lebih berkesan bagi umat Kristen yaitu hari Natal.


Kemudian, Paus Gregorius XIII memindahkan kembali awal tahun ke tanggal 1 Januari. 

2.Orang Spanyol Memakan 12 Biji Anggur Pada Malam Tahun Baru
          Tradisi ini dalam rangka memohon rezeki yang melimpah di tahun baru. Tradisi ini berawal pada tahun 1909 di mana pada tahun tersebut terjadi surplus panen anggur di Spanyol. Walau begitu, tradisi ini tidak hanya ada di Spanyol, tapi sudah menyebar ke beberapa negara bekas jajaan Spanyol, seperti: Portugal, Venezuela, Kuba, Meksiko, Ekuador, dan Peru.

          Setiap biji anggur mewakili keadaan setiap bulan di tahun depan. Misalkan, jika biji anggur ke-2 berasa masam, maka ini mungkin pertanda bulan ke-2 (Februari) akan terjadi sedikit kesulitan. Yah, boleh percaya atau tidak... namanya juga kepercayaan…

3.Bagi Orang Filipina, Celana Dalam Polkadot Mendatangkan Tahun Baru yang Gemilang
          Bagi kebanyakan orang Filipina, memakai celana dalam (atau apapun) bercorak polkadot dapat mendatangkan keberuntungan di tahun baru.
          Sedangkan di beberapa negara seperti Meksiko dan negara-negara Amerika Latin seperti Brazil, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela sudah menjadi tradisi untuk menyambut tahun baru dengan mengenakan celana dalam spesial. Celana dalam warna merah jika sedang mencari jodoh dan warna kuning jika sedang mengalami kanker alias kantong kering. :v
 












4. Turun Berat Badan: Resolusi Tahun Baru yang Paling Diharapkan Orang Amerika
          Resolusi yang populer lainnya adalah berhenti merokok, menabung, dan mendapatkan pekerjaan atau pendidikan yang lebih baik.


5.Kepercayaan Tahun Baru: Memecahkan Sesuatu di Awal Tahun Mendatangkan Kesialan
          Beberapa orang percaya memecahkan sesuatu pada hari tahun baru merupakan pertanda buruk, seperti putusnya hubungan persahabatan, pacaran, atau bahkan pernikahan.
          Beberapa kebudayaan juga menganggap pamali untuk menyajikan ayam pada tahun baru karena meyakini itu akan mengakibatkan rezeki menjadi sulit sehingga harus “mengais-ngais” layaknya seekor ayam yang mengais-ngais makanan di tanah.


6.Kepercayaan Tahun Baru: Petasan dan Kembang Api Mengusir Roh Jahat
          Beberapa kebudayaan percaya bahwa menyalakan petasan dan kembang api dapat menakuti dan mengusir roh-roh jahat sehingga mendatangkan keberuntungan di tahun baru.


7.Tradisi Barat “Ciuman di Tahun Baru” Sudah Berlangsung Sejak Dahulu Kala
          Tradisi ini bukan merupakan sesuatu yang muncul baru-baru saja. Menurut cerita rakyat kuno Inggris dan Jerman, orang pertama yang kita temui di tahun baru mungkin akan “menghiasi” hidup kita hingga tahun depan.
          Dan jika kamu sudah punya kekasih atau pasangan dan tidak melakukan ciuman tahun baru, maka perjalan cintamu akan mengalami gonjang-ganjing di tahun depan.
Tentunya ini hanya merupakan mitos, jadi jangan terlalu dianggap serius J Lagipula tradisi ini tidak sesuai dengan budaya Timur kita. So, don’ttry this at home or your friend’s home or anyone’s home or anywhere else, unless you’ve married and are out of children’s sight ! :p

Sources:

images:
http://thelandseaandsky.com/wp-content/uploads/2013/01/janus.gif
http://fearlessmen.com/wp-content/uploads/2012/11/Emperor-Julius-Caesar.jpg
http://blogs.voanews.com/science-world/files/2011/12/popegregory.jpg
http://i.infoplease.com/images/mspain.gif
http://www.alainexpat.com/wp-content/uploads/2012/06/philippines-flag1.gif
http://static2.glo.com/photos/Original/77785_Original.jpg
http://static.glo.com/photos/Original/131259_Original.jpg
http://www.dealies.ph/wp-content/uploads/2011/12/fireworks-display.jpg
http://rememberpearlharborday.com/wp-content/uploads/2013/12/new-year-kiss_1388056337.jpg
http://www.gregrphoto.com/blog/wp-content/uploads/2009/03/andrea_20081223_254-edit700.jpg

No comments:

Post a Comment