Tuesday, December 24, 2013

Fakta Tentang: Sinterklas (Santa Claus)

Santa Claus
Siapa yang tidak kenal dengan sosok pria tua gemuk berjenggot dan selalu mengenakan pakaian merah putih ini. Yap, dia adalah Sinterklas atau dalam bahasa Inggris Santa Claus. Sosok Sinterklas sangat disukai oleh kebanyakan anak kecil, karena digambarkan sebagai seseorang yang suka memberi kado kepada anak-anak yang baik.

Sinterklas memang pernah hidup dulu dan memang merupakan tokoh nyata. Namun representasi Sinterklas di masa modern saat ini sudah banyak dipengaruhi oleh berbagai mitologi dan tokoh-tokoh fiksi. Dewasa ini, tokoh Sinterklas atau yang lebih dikenal dengan nama Santa Claus ini seringkali digunakan sebagai agen komersialisasi, sehingga kita sering menemukannya di mall, pusat perbelanjaan, dan TV.

1. Sinterklas Dalam Bahasa Indonesia Berasal dari Pengucapan Orang Belanda
Sinterklas dalam bahasa Indonesia berasal dari pengucapan orang Belanda, Sinterklaas atau Sinterclaes untuk Santa Nikolas atau Saint Nicholas.
Sumber:
Sinterklaas


2. Sinterlas Punya Banyak Nama
Nama-nama tersebut antara lain: Santa Claus, Saint Nicholas, Father Christmas, Kris Kringle, Sint Nicolaas, Père Noël (Bapak Natal) dan Kerstman (Pria Natal)
Sumber:

3. Santa Claus Berasal dari Legenda Belanda “Sinterklaas”
Tokoh Sinterklas sekarang banyak diambil dari legenda Belanda Sinterklaas dan banyak dipengaruhi oleh cerita rakyat masyarakat Eropa Barat, seperti tokoh Odin, dewa Skandinavia yang perawakannya sangat mirip dengan Sinterklas. Odin digambarkan sebagai orang tua yang berjenggot putih dan suka mengunjungi orang-orang dengan membawa hadiah.

Odin
4. Di Belanda, Sinterklas Dijuluki "De Goede Sint"
Dalam bahasa Belanda “De Goede Sint” berarti “Santo yang Baik”, tak heran karena ia suka memberi hadiah kepada anak-anak dan orang miskin.
Sumber:

5. Sinterklas Berasal dari Turki
Santo Nikolaus
Tokoh yang menginspirasi Sinterklas, Santa Nikolaus adalah seorang uskup Kristen Ortodoks Yunani yang hidup pada abad ke-4 M. Ia berasal dari Myra (sekarang Demre) di Provinsi Lycia, Anatolia Bizantin (sekarang Turki). Ia dikisahkan sebagai seorang yang sangat alim sejak kecil dan megabdikan dirinya kepada Kristen selama hidupnya. Ia dikenal sebagai seorang yang dermawan. Ia sering digambarkan sebagai uskup berjenggot yang memakai jubah kebesaran gereja (canonical robe).
Sumber:

6.Sinterklas Mempunyai Asisten Bernama Pit Hitam 
Sinterklas dan Pit Hitam
Beberapa kisah melukiskan Pit Hitam (Bahasa Belanda: Zwarte Piet) memukul anak nakal dengan tongkat atau memasukan mereka ke dalam karung dan membawa mereka ke Spanyol. Beberapa berpendapat legenda Pit Hitam menjadi rasis karena itu merujuk kalau Santo Nikolas menggunakan budak Afrika bekerja untuknya dalam hari sebelum Pakjesavond (5 Desember — hari saat kado dibuka), meskipun Pit Hitam tidak digambarkan sebagai budak lagi sekarang.
Sumber:



7. Ada Sinterklas “Baik”, Ada Sinterklas “Jahat”
Dalam cerita rakyat Jerman, ada Sinterklas “jahat” yang bernama Krampus.  Ia digambarkan sebagai sosok yang seram menyerupai setan. Konon, ia suka menghukum anak-anak yang bersikap nakal
Krampus
memasukkan mereka ke dalam karung dan membawanya ke tempat persembunyiannya. Ini berbanding terbalik dengan Sinterklas “baik” yang suka memberikan hadiah kepada anak-anak yang bersikap baik.
Sumber:

8. Tempat Tinggal Sinterklas Ada di Finlandia
Kantor Sinterklas di Finlandia
Tahu tempat tinggal Sinterklas? Di kutub utara? Yap betul! Memang bukan Sinterklas yang dapat mengendarai kereta terbang, tapi paling tidak lebih nyata daripada Sinterklas-sinterklas yang ada di Indonesia, hehehe…. Tempat tinggal Sinterklas yang paling terkenal ada di Finlandia tepatnya di kota kecil bernama Rovaniami. Di sana kamu dapat bertemu dan berfoto langsung dengan Sinterklas “asli”. Selain, di Finlandia, Sinterklas juga “tinggal” di
Santa Clause Museum
Amerika Serikat, tepatnya di Fairbanks, Alaska, AS. Jangan lupa siapkan baju dan jaket super tebal, karena tempat-tempat tersebut memang benar-benar berada di Kutub Utara! Kebayangkan dinginnya? Atau kalau kalian kurang suka dengan tempat-tempat tersebut karena terlalu dingin, maka kalian bias mengunjugi museum Santa di kota Santa Claus, Indiana, Amerika Serikat.
Rumah Sinterklas di Alaska
Santa Clause Museum and Village ada di kota Santa Claus, Indiana, Amerika Serikat
Sumber:

2 comments:

  1. http://www.popularmechanics.com/cm/popularmechanics/images/IV/face-of-jesus-01-0312-de.jpg wajah asli jesus..

    http://www.traditio.com/comment/com1112k.jpg wajah asli santa clause

    ReplyDelete
  2. ada ada saja nih :D hahaha
    komen back ya ;)

    ReplyDelete