Saturday, December 28, 2013

Fakta Tentang: Blackberry

Blackberry
1. Blackberry Diproduksi Oleh Research In Motion (RIM) Limited
RIM memperoleh nama “Blackberry” karena teranspirasi dari susunan keypad-nya yang terlihat seperti buah yang berbiji-biji seperti buah beri-berian, dan karena kebanyakan produk Blackberry berwarna hitam, maka lahirlah nama dagang “Blackberry” alias beri hitam yang sangat unik ini.



2.Blackberry 850, Produk Blackberry Pertama
BlackberryBlackberry 850 yang diproduksi tahun 1999 merupakan produk Blackberry pertama yang bukan merupakan smartphone seperti sekarang yang kita gunakan, namun hanyalah sebuah pager dua-arah yang sangat trendydi tahun 1990an sampai 2000an awal.
Blackberry Crackberry

3. Blackberry Disejajarkan Dengan Kokain
Di AS, orang menyebut Blackberry dengan sebutan Crackberry (crack = kokain). Ini tidak lepas dari banyaknya pengguna BBM yang seakan kecanduan para pengguna BB dengan segala fitur yang ditawarkan oleh Blackberry, terutama fitur BB yang dapat menampilkan e-mail secara aktual atau real-time.

Pada November 2006 , Webster's New World College Dictionary mencanangkat istilah “crackberry” sebagai The New Word of The Year (Kosakata Baru Tahun Ini).
Blackberry Crackberry

4.Sejak Tahun 1990an Telah Terjual Lebih Dari 40.000.000 Unit Blackberry
Blackberry

Blackberry banyak dipakai orang karena fitur-fiturnya yang revolusioner dalam mengakses dan bertukar informasi melalui internet. Misalkan saja fitur “Push-E-Mail” yang memudahkan pengguna dalam menerima dan mengirim e-mail dengan lebih mudah, cepat, dan aktual. Dengan fitur tersebut pengguna juga dapat membuka lampiran berformat .doc (fail Microsoft Word) yang berukuran 1 MB secara cepat dengan cara mengkonversi fail tersebut menjadi hanya berukuran 10 KB dengan isi yang tetap secara otomatis.
Lalu diikuti oleh fitur BBM yang sudah sangat tidak asing lagi bagi pengguna Blackberry dewasa ini. Bagaimana tidak, aplikasi BBM sangat membantu kita dalam berkomunikasi via teks yang dapat digunakan dengan lebih cepat, mudah, aktual dan interaktif dibandingkan dengan SMS, MMS, ataupun pesan instan (Instant Messaging).

5. Layanan Internet Blackberry Tersedia di 91 Negara
Layanan Internet Blackberry didukung oleh lebih dari 500 operator yang ada di dunia (ya iyalah, masa di akhirat juga -_-)

6. Berry Thumb, Penyakit yang Disebabkan Oleh Blackberry
Blackberry
Berry Thumb atau Jempol Berry merupakan istilah yang merujuk pada cidera yang terjadi akibat menggunakan keypad Blackberry secara terus-menerus.


7.  Segmen Pasar Smartphone Blackberry Menurun dari Tahun ke Tahun
Pada, 2011 Blackberry berada di urutan kedua dalam penguasaan pasar ponsel pintar di seluruh dunia dengan persentase 19,8%, berada di bawah Nokia dengan Symbian-nya yang ada di posisi pertama dengan persentase 47%. Di posisi ketiga diisi oleh Apple dengan iOS-nya.
Blackberry

Sedangkan pada tahun 2012, Blackberry jatuh ke posisi ketiga dengan segmen pasar hanya 5,9%. Sedangkan peringkat 1 dikuasai oleh Android dengan persentase 66,6%

8. Blackberry Terancam Dilarang di Indonesia
BlackberryLebih tepatnya pernah dilarang. Iya betul. Ini akibat tuntutan Menkominfo Tifatul Sembiring pada Januari 2011 agar pemerintah mencabut izin Blackberry di Indonesia karena ketidakmauan Blackberry untuk memblokir pornografi.

Selain itu, Menkominfo juga menuntut karena Blackberry belum juga memindahkan data center-nya dari Kanada ke Indonesia. Pemerintah Indonesia menyatakan melalui Kominfo bahwa dengan data center yang ada di Kanada, Blackberry berpotensi meraup untung triliyunan rupiah dari penggunaan layanan Blackberry di Indonesia tanpa terkena pajak sedikitpun, karena penghasilannya tidak secara langsung diterima di Indonesia.

9. Pengelola Pacific Place dan Research In Motion Pernah Ditahan Polisi Akibat “Menjual” Blackberry
Kronologisnya terjadi ketika pada tanggal 25 November 2011, Pacific Place mengadakan obral Blackberry Bellagio dengan korting 50%. Kegiatan ini mengakibatkan sekitar 200.000 warga Jakarta rela berdesakan untuk mendapatkannya, sampai akhirnya banyak dari mereka yang kelelahan akibat berdesakan dan akhirnya pingsan. Akibatnya, polisi menangkap pihak pengelola Pacific Place dan Research In Motion sebagai tersangka.

10. Blackberry Mem-PHK 4.500 Tenaga Kerjanya
BlackberryIni terjadi pada tanggal 20 September 2013 akibat penjualan Z10 yang jauh lebih rendah dari perkiraan. Bahkan sebelumnya, pihak Blackberry juga mengumumkan pada tanggal 12 September 2013 bahwa mereka berkeinginan untuk menjual perusahaannya akibat posisi keuangan yang sedang tidak menguntungkan dan persaingan yang sangat ketat di industri ponsel.

11. Tahun 2013 Blackberry Meluncurkan Blackberry Messager untuk iOS dan Android
Ini dilakukan pihak Blackberry karena merasa “iri” dengan WhatsApp yang mempunyai sekitar 200 juta pengguna aktif, sedangkan BBM hanya mempunyai sekitar 60 juta pengguna. Dengan ini diharapkan pengguna BBM akan meningkat dengan pesat. Dan benar saja, hanya dalam 8 jam, BBM untuk Android dan iOS telah didownload sebanyak 5 juta kali. WOW!!!
Blackberry

Walaupun masih versi beta, BBM untuk Android dan iOS ini laris manis di-download oleh pengguna setia Android dan Apple. Dan kabarnya, pihak BB akan mengeluarkan update terbaru untuk BBM Android dan iOS di tahun 2014 dengan tanggal tepatnya yang tidak pasti.Selamat Menunggu! :D

Sources:

Images:





No comments:

Post a Comment